Advertisement

Sunday, December 25, 2016

Tips sukses memenangkan kontes di 99designs

Banyak keluhan ketika kita mengikuti sebuah kontes desain, baik terkendala bahasa, CH yang suka PHP, maupun saingan yang cukup berat, mulai sekarang tidak usah khawatir, kami akan memberikan beberapa tips. Tips ini berdasarkan pengalaman dari berbagai sumber.

1. Pilihlah kategori yang cocok dengan keahlian Anda

Keahlian adalah jalan utama Anda. Anda jangan berganti keahlian hanya karena tertarik dengan kategori lain. Terlebih lagi, apabila kategori tersebut membutuhkan keahlian yang tidak sama dengan kemampuan Anda. Sebagai contoh, Anda suka mendesain dengan kategori “logo.” Jangan sampai terpikir untuk mengikuti kontes dengan kategori “web design.” Adam Ariesna dari www.adamariesna.com menyatakan, “Awalnya dulu saya suka mendesain flyer, banner web, dan jenis advertising yang lain, kemudian setelah saya mulai mencoba mengikuti kontes kategori logo. Yang saya dapat hanya kegagalan yang berulang.” Sebenarnya bukan hal yang dilarang untuk mencoba beralih ke kategori lain dan menguji keahlian Anda, itu berati Anda ingin mencoba meningkatkan keahlian dan bakat desain Anda ke sesuatu hal yang lebih baru. Hal ini tentu patut dicoba. Tetapi, kalau Anda ingin mengikuti kontes-kontes seperti 99designs dan sejenisnya, tetaplah fokus dengan keahlian Anda. Kembangkanlah keahlian Anda agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Untuk memenangkan kontes ini, dan kedepannya Anda dituntut untuk mengasah kemampuan yang Anda miliki saat ini.

2. Kontinyu atau Konsisten


Menurut saya dalam hal apapun sikap konsisten sangat perlu apalagi dalam mengikuti kontes. pengalaman dari dulu sampai sekarang, saya mengikuti 6 kontes baru dalam sehari, dengan target memenangkan kontes 6 kali dalam sebulan. Dengan rincian
6 x 25 hari = 150 kontes
Target final = 30 kontes
Target Menang 6 kali
Dengan target seperti itu saya pikir angka yang realistis di banding dengan mengikuti kontes sekali tetapi berharap menang 2 kali.



3. Pilihlah dengan sisa waktu 24 jam


Menurut saya ini adalah hitungan waktu yang pas, kalau terlalu lama kecenderungan CH akan berubah pikiran, sedangkan kalau terlalu cepat kemungkinan ide anda kurang maksimal dan hanya fokus pada waktu. jadi maksimalkan waktu yang 24 jam tadi dengan sungguh-sungguh (totalitas), jadikan google image sebagai referensi.



4. Pilih kontes yang masih sedikit entri dan rate bintangnya

Tips ini merupakan pengembangan dari tips nomor satu. Pilahlah kontes yang kira kira Anda minati. Lihat kembali kontes tersebut. Jika beberapa hari sudah berlalu namun kondisi kontes yang Anda minati kurang kompetitif, Anda patut mencoba kontes tersebut. Kemungkinan besar, desain Anda yang akan menjadi andalan sang contest holder.

5. Gunakan Gaya Anda sendiri

Ini merupakan tips terpenting dari tips sebelumnya. Setiap orang pasti memiliki gaya yang berbeda-beda dalam membuat desain. Buatlah desain dengan gaya Anda sendiri. Dan usahakan untuk selalu konsisten dengan gaya tersebut. Contohnya, Anda mempunyai desain dengan tema sederhana, jelas, klasik, dll. Namun Anda tertarik untuk mengikuti lomba dengan tema, katakanlah, “Night Life” dan Anda mencoba gaya yang di luar gaya biasa Anda. Anda mencoba membuat desain itu lebih modern dan tidak sederhana, sesuatu yang biasanya merupakan gaya Anda. Hal seperti ini akan membuat hasil Anda ditolak mentah-mentah. Intinya, memenangkan kontes hanya perlu menggunakan “sifat alami.” Anda dalam berkarya. Dengan begitu karya Anda akan lebih mudah diterima.
Anda bisa sukses dengan 99designs. Karena semua pekerjaan dimulai dari niat, semoga Anda sudah mendapatkan cukup niat untuk memulai pekerjaan. Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment