Advertisement

Tuesday, December 27, 2016

Kemenangan Pertama di 99designs dilengkapi Gambar dan Tutorial

Setelah sedikit berbagi tips di postingan sebelumnya, kali ini penulis akan membagikan sedikit pengalamannya dalam kontes 99designs.

1. Memilih Kontes

penulis disini akan memilih kontes yang dirasa memenuhi kriteria, seperti: memilih kontes Logo yang estimasi waktunya sisa 24 jam. kebetulan kontes yang dipilih waktu itu adalah pembuatan logo Simple Work Place.



2. Baca dan Pahami Desain Brief

Ini adalah hal penting sebelum kita melakukan eksekusi desain, baca dan pahami berulang kali karna ini adalah konsep awal dari sebuah desain.



3. Melihat Referensi di Google

Ingat disini hanya meliha-lihat saja bukan berarti harus menjiplak langsung, google adalah sumber referensi yang sangat luar biasa, banyak gambar yang sesuai dengan kriteria penulis, namun mengingat adanya aturan dalam kontes jadi penulis tidak menggunakan gambar dari google.



4. Mulai Eksekusi di Software

Software yang digunakan penulis adalah program Coreldraw X4 (sekarang X7), karna program ini paling dikuasai jika dibandingkan dengan adobe ilustrator.



5. Feedback dari Contest Holder

Jika desain kita sudah di feedback sama CH dan komentarnya positif itu berarti 30% kerjaan kita akan menuai hasil, kalaupun tidak terfeedback.



6. Revisi Desain

Setelah mendapatkan feedback dari CH, saatnya untuk merevisi desain sesuai apa yang diminta oleh CH, kemungkinan besar kemenangan akan ditentukan disini, jika CH memberikan feedback yang positif, kemenangan sudah di depan mata.




7. Waspadai Pesaing

Memang bukanlah fokus yang utama, namun kita tetap waspda akan pergerakan dari pesaing, terlebih pesaing yang memiliki rate tinggi, sedikit waspada dalam artian biasanya pesaing akan mengkopi konsep desain kita, jika sudah dalam rana tersebut jangan pernah ragu untuk report desain.



8. Email Notification

ini adalah sesuatu yang sangat penting, biasanya penulis menautkan email di smartphone, karna dengan ini kita bisa memonitor langsung, baik itu feedback dari CH, desain yang di rate, desain yang di eliminasi, ataupun pengumuman pemenang.

9. Next Step

Jika desain kita sudah masuk rate tinggi, kemungkinan besar desain kita masuk final, disini adalah penentuan.

10. Congratulation

Ting Tung (bunyi notifikasi email) dan biasanya kalau kita memenangkan sebuah kontes akan masuk langsung ke email kita, dan disinilah semangat berkarya membara.




11. Handover

Tahap ini biasanya digunakan untuk pengiriman file master, biasanya berupa JPG, PNG, Ai, SVG, ataupun PDF.




12. Gajian

Persiapkan akun paypal karna gaji kita sudah siap untuk dicairkan.




Demikian cerita yang dapat dibagi oleh penulis, kemenangan pertama rasanya begitu indah dan tak akan terlupa, apakah anda merasakan hal yang sama? kalaupun belum memenangkan kontes sama sekali, tetap semangat terus berkarya, suatu saat telur akan pecah, semangART.



No comments:

Post a Comment